Kenali Cara Memilih Mukena yang Bagus

Mukena adalah salah satu item atau perlengkapan yang dipakai oleh muslimah untuk menunjang pelaksaan ibadah wajib agar lebih sempurna. Produk mukena yang beredar di pasaran mempunyai kelebihan masing-masing. Karena dipakai setiap hari, memilih mukena yang tepat akan membuat ibadah menjadi nyaman.

Dalam Artikel berikut kita akan membahas cara memilih mukena yang terbaik. Sebelum itu mari kita ketahui dahulu bagaimana sejarah awal mula munculnya mukena. Salah satu hal syarat sah sholat adalah menutup aurat. Perempuan muslim memiliki batas aurat seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Mukena menjadi busana syariat yang dipakai untuk menutupi aurat dengan sempurna saat sholat.

Tetapi tahukah Anda bahwa mukena hanya di pakai di kawasan asia tenggara termasuk Indonesia saja? sebetulnya mukena adalah hasil dari perpaduan budaha islam dan budaya Indonesia yang diprakarsai oleh Wali Songo.

Dahulu wanita jawa hanya memakai jarit panjang atau yang disebut dengan kemben dengan dililitkan sehingga tidak dapat menutup aurat. Karena pada jaman itu kebudayaan jawa masih lekat. Berdasarkan hasil musyawarah untuk memakai pakaian atau busana tertutup hanya dipakai untuk sholat saja. Dan pada akhirnya mukena menjadi busana wajib yang dipakai oleh perempuan muslim di Indonesia saat melaksanakan ibadah sholat.

Lantas apa saja yang hal penting yang harus diperhatikan saat membeli mukena? Tentunya harus memperhatikan model, bahan, desain, kelengkapan dan juga ukuran. Untuk lebih jelasnya kita akan bahas kita di artikel berikut.

Pilihlah Bahan Yang Tepat


Mukena yang baik biasanya nyaman untuk dipakai dan banyak dicari oleh muslimah. Kenyamanan tergantung pada jenis kain yang digunakan. Lalu jenis kain atau bahan apa yang sebaiknya dipilih

Kain Katun
Katun adalah kain yang terbuat dari hasil tenunan benang berbahan serat kapas. Bahan katun ini memiliki karakter halus saat bersentuhan dengan kulit sehingga dapat mengurangi resiko alergi. Ketika dipakai bahan katun ringan dan terasa dingin. Dengan karakteristik yang dimiliki oleh kain katun, membuat mukena nyaman untuk digunakan.

Kain Rayon
Rayon adalah bahan kain semi sintetis yang terbuat dari modifikasi sel tumbuhan. Karakternya hampir mirip dengan kain katun, memiliki daya serap dan juga halus saat bersentuhan dengan kulit. Perbedaannya terletak pada ketebalan, kain rayon lebih tipis daripada kain katun sehingga memerlukan perawatan yang lebih baik.

Kain Parasut
Parasut dikenal sebaik kain yang cukup tipis, ringan, dan bisa menahan air dalam volume rendah. Bahan parasut juga memiliki ketahanan atau durabilitas tinggi dan tidak mudah memudar. Kain parasut terbuat dari poliester dan banyak di pakai untuk kegiatan yang berhubungan dengan outdoor.

Kain Silk
Silk atau finest silk dibuat dari tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei. Memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga membuat nyaman dan betah memakainya. Selain sejuk mukena dengan bahan sutra juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari atau UV. Tampilannya mengkilap sehingga memberikan kesan mewah terhadap pemakainya. Di bandingkan dengan bahan kain sebelumnya, kain silk atau finest silk ini memiliki harga yang lebih tinggi.

Tentukan model sesuai selera

Mukena terdiri dari 3 macam model, diantaranya terusan, ponco, dan two pieces. Masing-masing model mempunyai kelebihan dan cirikhas sendiri. Berikut penjelasannya.

Model Terusan
Mukena dengan model terusan merupakan tipe yang sering digunakan oleh orang tua.
Namun seiring waktu model dan motifnya menjadi lebih baik sehingga juga dipakai oleh yang muda-muda. Mukena dengan model satu potong mirip gamis dengan tambahan tudung kepala ini cukup praktis. Biasanya dipakai saat atau digunakan ketika melakukan travelling.

Model Ponco Atau Abaya
Mukena model ponco atau biasa disebut dengan mukenah abaya. Mukenah abaya ini memiliki desain berlubang di area leher tanpa penutup kepala. Model ponco terbilang cukup unik karena tidak perlu repot repot merapikan lagi. Namun mukena model ini tidak disarankan bila sedang tidak memakai hijab, karena perlu membeli tudung secara terpisah.

Model Two Pieces
Mukena dengan model two pices atau mukena konvensional adalah mukena dengan atasan dan bawahan terpisah. Bagian atas kepala dilengkapi dengan ikatan atau tali karet. Model two pieces sangat populer di pakai perempuan segala usia. Produk mukena dengan model two pieces ini banyak di temui dengan model motif dan juga polos. Karena kurang praktis, biasanya model ini banyak digunakan untuk di rumah.

Selain dipakai untuk beribadah setiap hari, menggunakan mukena favorit pada momen spesial akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi pemakainya.

Periksa ukuran

Saat ini banyak penjual mukena yang memiliki ukuran all size. Namun tidak semua produk mempunyai ukuran standard yang sama. Jadi kita harus memeriksa kembali bila misalkan tinggi badan kita melebihi tinggi badan wanita secara umum. Untuk ukuran lebar bagian bawah juga perlu di perhatikan agar nantinya lebih leluasa saat digunakan sholat.

Namun tidak semua penjual menggunakan ukuran all size, banyak juga yang memiliki ukuran masing masing, seperti ukuran S,M,L dan XL. Kalau kita membeli secara online pastikan kita mengetahui ukuran dan juga mengukur dengan kebutuhan kita. Karena para penjual mukena online akan memberikan rincian untuk memudahkan konsumen membeli dan memilih yang sesuai dengan ukurannya. Jangan lupa juga baca review pembeli lainnya untuk lebih meyakinkan dalam mengambil keputusan.

Nah, sekarang sudah pahamkan bagaimana cara yang tepat untuk memilih mukena? Apabila masih bingung mau mukena yang mana, Pricilla memiliki beberapa macam mukena yang cocok dan pastinya sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada berbagai macam model mukena yang kami miliki. Bisa cek produk mukena Pricilla di marketplace atau hubungi cs kami di

Leave a Comment

Your email address will not be published.