Panduan Optimasi Instagram ADS- Bag. 2

Setelah sebelumnya kita udah bahas tentang optimasi instagram bagian 1, dimana kita telah membahas tentang algoritma instagram, dan juga kapan influencer dan celebgram bermanfaat bagi bisnis kita, sekarang kita lanjutkan panduan optimasi instagram bagian 2, dimana kali ini, pricilla.id akan membagikan beberapa hal, di antaranya:

A. STRATEGI MENDAPATKAN TINGKAT INTERAKSI YANG TINGGI INSTAGRAM

Strategi mendapatkan tingkat interaksi yang tinggi bukan hanya postingan kita saat ini, melainkan juga postingan kita yang sebelumnya atau terdahulu. Contohnya saat kita pernah like dan comment sebuah postingan terbaru suatu akun, besoknya muncul lagi tuh postingan akun tersebut di beranda kita. Koq bisa gitu ya bunda?

Ini nih bunda penjelasannya…. cara kerjanya kurang lebih sebagai berikut “Begitu kita berinteraksi dengan sebuah akun, maka nilai ( Weight ) nya akan naik dan juga bersaing dengan akun lainnya yang juga berinteraksi, kemudian Instagram akan mengurutkan siapa yang skornya paling tinggi, maka postingan akun dengan skor tertinggi itulah yang akan lebih diprioritaskan muncul di tampilan beranda kita.

Jadi jika sebuah postingan banyak like dan coment maka postingan tersebut yang akan dipioritaskan oleh Instagram dan yang sering dimunculkan pertama atau teratas saat kita membuka Instagram. Hal itulah yang membuat kita berlomba-lomba untuk mendapatkan comment dan like yang banyak, jadi misalnya nih bunda jualan sweater poncho cape veil, untuk memancing like and comment, bisa tuh ditulis di captionnya, misalnya, “kakak suka cape veil warna apa? sweater pricilla ada banyak pilihannya lho…, jawab di comment ya… ” atau kalimat-kalimat apapun yang bisa membuat orang-orang melihat postingan tersebut dan bisa ikut like dan comment. Apapun pilihannya, yang terpenting respon dan comment folower. Dan perlu diingat.. orang gak mau jawab yang susah-susah, kasih kuis atau pertanyaan apapun, jawabnya yang gampang-gampang aja, yang terpenting ada comment yang akan meningkatkan “weight” kita.

Ibu-ibu di zaman sekarang suka melihat video maupun gambar dengan scrolling gadget. Sebelum ingin memviralkan sebuah resep atau produk apapun kita harus menunjukan gambar atau teaser, contohnya kita memposting sebuah makanan dengan menggunakan kalimat persuasif. Seperti “Kalau yang komen lebih dari 2000 orang maka saya akan share resepnya”. Kemungkinan besar orang-orang akan comment “mau dong, boleh lah ya dibagi resepnya“ dengan kalimat tersebutkan orang-orang penasaran dan berlomba-lomba comment agar mengetahui resep tersebut.


Strategi lain yang bisa bunda terapkan misalnya Strategi di story, dengan menggunakan kalimat seperti “cek story ya!!! aku ada kode voucher nih Rp.100.000 untuk kursus online, lumayan nih! siapa tau kamu dapat kodenya.” sebelum itu kita harus posting paling tidak 30 insta story dan kode tersebut harus ada dibagian paling belakang agar orang-orang bisa nge-scroll postingan sebelumnya dengan tujuan agar orang tau apa saja produk yang kita posting di insta story.

Selain strategi di comment, story ada juga strategi DM. Misalnya bisa kita tulis di caption “info lengkapnya bisa DM ya…“, “silahkan DM no WA-nya ya…”, “silahkan DM untuk info harga yaa…” Untuk strategi DM bisa disiapkan cs untuk mengantisipasi lonjakan dm, siapkan jawab cepat dan harus fast respon. Tidak menuliskan harga produk bisa dijadikan strategi untuk memperbanyak DM, dengan banyak DM berarti banyak interaksi, agar instagram menganggap kita banyak “teman dekat”.

Tidak langsung menjelaskan tentang produk atau memberikan penjelasan sedikit-sedikit akan membuat follower merasa penasaran sehingga DM dan menghubungi kita terus. Karena algoritma ketika itu engagementnya tinggi, jadi jika orang tersebut sering dm kita berarti kita mudah dekat dengan orang dan mereka akan beranggapan kalau instagram kita mempunyai teman atau reseller yang banyak. Tentu hal itu akan berpengaruh positif bagi engagements kita dan semua harus disiapkan dengan baik. Jangan sampai ada yang dm kita jika tidak fast respon. Strategi ini sedikit merepotkan pemilik usaha. Kenapa demikian? karena pemilik usaha akan terus memantau pesan-pesan di instagram.

Kesimpulannya, jadilah top postingan di market kita, untuk itu siapkan market kita untuk:

  • sering komen dan like
  • sering lihat story / live
  • sering DM

Meningkatkan weight di postingan saat ini

Weight rata rata 15 menit pertama ditambah weight rata rata 1 jam pertama dibagi 2. Dan terus meningkat selama 24 jam. Semakin tinggi nilainya, maka instagram akan menampilkan lebih banyak (luas) reachnya. Bisa juga sampai 2x atau lebih dari jumlah followers akun tersebut.

Cek Instagram kita yuk…

  • klik di pencarian
  • lihat di postingan teratas
  • berapa viewnya, likenya, apakah sudah kita follow?
  • ada ukuran besar, ada ukuran kecil
  • ada IGTV

Bisa kita simpulkan daftar top post di pencarian itu

  • berdasarkan relevansi
  • berdasarkan viral konten
  • belum difollow

Jadi…. semakin banyak postingan bunda yang nge-like, yang komen, yang nge-DM akan bisa tampil di daftar teratas pencarian orang.

-E4-

diambil dari Sumber dari channel youtube TDA TV, materi disampaikan oleh kak lindawaty https://youtu.be/hGesS0vHvSM. semoga bermanfaat…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *