Panduan Optimasi Instagram – Bag. 3

Di bagian 3 panduan optimasi instagram kita kali ini, kita akan mempelajari tentang:

Bagaimana cara agar postingan kita masuk ke Top pencarian di calon follower (market) kita?
Berikut tipsnya :

  • Buat konten yang menarik dan relevan seperti :
    1. Postingan instagram yang menarik perhatian target pelanggan.
    2. Manfaatkan kapasitas karakter serta fitur emoji dan hash tag dengan maksimal.
    3. Identifikasi merk atau brand.
    4. Pertimbangkan jumlah karakter yang kalian gunakan di setiap caption.
    5. Posisikan informasi yang paling penting di awal caption.
  • Jangan edit caption
    Caption harus disiapkan dahulu, jangan terburu-buru, lebih baik lagi jika memiliki jam posting yang ruting dan harus memiliki target marketing. Jika ada penulisan caption yang salah dan terlanjur dipublikasikan, sebaiknya jangan diedit, lebih baik didelete atau hapus saja, dan gunakan hash tag.
  • Share postingan ke semua database
    Instagram melihat engagement pada 15 menit pertama sampai 1 jam pertama. Sebarkan link produk ke semua database (di wa , ig , FB). Tujuannya supaya memancing lagi orang-orang dari database kita untuk menekan tombol like, komen atau DM atas postingan kita, dan jangan lupa memberikan caption yang mengandung kalimat persuasif agar orang mau memberikan like, komen atau DM.
  • Gunakan hash tag yang relevan
    Post yang setidaknya menggunakan 1 hash tag, menjangkau orang 12.6% lebih banyak daripada post yang tidak menggunakan hash tag sama sekali. Itu artinya, penggunaan hash tag yang tepat membuat konten kita mudah ditemukan, meningkatkan engagement, dan mendatangkan followers baru. Bahkan seringkali mendatangkan penjualan.
  • Jawab comment / DM di 1 jam pertama
    Setelah kita memposting sebuah konten, sebaiknya 1 jam pertama kita tetap standby di Instagram, tujuannya untuk membalas comment dari calon customer.
  • Pancing followers untuk like dan comment
    Gunakan video yang lucu atau memposting konten giveaway atau kontes di Instagram, biasanya dengan konten tersebut bisa memancing orang-orang untuk komen dan like.
  • Buat konten IGTV, karena saat ini persaingan di IGTV masih rendah
    Persaingan di igtv masih belum susah, sedangkan persaingan di VT sekarang sudah susah. Kekurangan di igtv adalah tidak bisa mengiklankan secara mandiri jadi, harus di searching terlebih dulu.

Recency (waktu)

Setelah sebelumnya kita membahas algoritma instagram dimana edge rank atau peringkat postingan kita dipengaruhi oleh invinity (relevansi) dan weight (interaksi), yang berikutnya, peringkat postingan kita juga dipengaruhi oleh recency atau waktu. Bagaimana maksudnya?

  • Recency adalah Berapa lama seseorang berhenti menikmati postingan kita, semakin lama, maka nilainya semakin tinggi, artinya postingan tersebut memiliki arti yang cukup penting bagi viewernya. Untuk itulah, kadang-kadang mungkin kita menerima pesan dari suatu akun, untuk melihat video sampai akhir. Disinilah pengaruhnya, mungkin tanpa sadar akan memperpanjang waktu kita dan akan memperbesar pengaruh suatu postingan agar bisa berada di top posting.

Gimana sih caranya agar postingan kita bisa membuat orang lebih lama memperhatikan sebuah postingan? setidaknya ada 3 hal yang mempengaruhi.

  • konten video yang menarik
  • konten photo / slide yang menarik
  • caption yang menarik

dan sebaiknya… bunda jangan memposting konten orang lain atau istilahnya jangan merepost.. kita bisa meniru, tapi kita bikin sendiri versi kita… setelah viewernya banyak, selanjutnya bisa kita posting jualan kita.

Untuk memperbesar recency (waktu) bisa kita gunakan beberapa trik berikut:

  • Tulis / sampaikan permintaan untuk menonton video sampai akhir
  • Buat gambar bercerita
  • Cari perbedaan gambar
  • Video lucu

-E5-

CARA BERIKLAN DI INSTAGRAM
Selain dengan cara strategi organic yang telah kita bahas sebelumnya dengan memanfaatkan edgerank, kita bisa menambah jangkauan postingan kita dengan menggunakan ADS. Biaya ADS akan lebih mahal jika edgerank sebuah postingan rendah. Kalau ingin iklan lebih baik, lihat dulu edgerank pada produk kalian. Jika edgerank produk kalian tinggi biaya ADS akan lebih murah.

Nah bagaimana cara pasang iklan di Instagram?
Dari aplikasi Instagram : – Posting foto / video
– Pilih pstingan yang akan kita iklankan
– Klik tombol promosi
– Pilih salah satu tujuan iklan
– Visit profile web atau langsung ke dm
– Pilih target pemirsa / audient
– Otomatis atau buat sendiri
-Tentukan anggaran iklan harian
-Tentukan iklan akan dijalan beberapa hari
-Pastikan akun anda sudah terhubung dengan pembayaran iklan
-Klik buat promosi

Jadi tujuan iklan adalah meningkatkan jangkauan sebuah postingan berdasarkan target audient yang kita tentukan. Untuk meningkat penjualan sebenarnya tidak hanya iklan yang dibutuhkan. Jadi ada tiga faktor yang menentukan penjualan:
1. Postingan konten yang menarik
2. Produk kita sendir
3. Iklan merupakan sarana
Jadi yang harus diperhatikan bukan hanya iklan , tapi juga konten dan kualitas produk yang akan kita jual. Hampir 75% orang yang melihat postingan kita di instagram, tidak akan langsung membeli produk yang kita posting. Karena pada dasarnya masyarakat akan lebih senang jika kita kasih terlebih dahulu. Contoh: kita mengeshare resep makanan, tujuannya agar para folowers kita di ig menjadi lebih dekat dengan kita. Setelah itu kita bisa memulai memposting barang yang akan kita jual.

Syarat bisa pasang iklan:

  1. Akun instagram bisnis
  2. Memasukkan jenis pembayaran (kartu kredit, kartu debit atau transfer bank)

Jika kita ingin memposting suatu produk kita harus memperhatikan beberapa hal antara lain :
a. Untuk fasion lebih bagusnya menggunakan foto.
b. Untuk makanan lebih bagusnya menggunakan video.

-E6-

materi diambil dari youtube channel TDATV https://youtu.be/nNMZSfBT1xs dan https://youtu.be/xRQMyKvEPnc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *