Resep 6 Macam Kue Kering Dengan 1 Adonan

Assalamualaikum bunda.. bagaimana puasanya hari ini? tetap dalam kondisi sehat wal afiat kan? mudah-mudahan meski kali ini, untuk kedua kalinya kita berada di bulan ramadhan di masa pandemi, kita tetap semangat ya menjalani ibadahnya.. tidak sekedar puasanya.. tapi juga sholat malamnya.. tadarus al qurannya.. dan ibadah lainnya. Oh ya.. jangan lupa ya.. kalau sholat bisa pakai mukena rayya dari pricilla.id, ada juga buat adik-adik mukena anak sabina alya insya Allah bikin adik-adik yang uda manis tambah manis lagi, dan yang penting mukena produksi pricilla.id nyaman banget dipakainya…

ok.. balik ke resep.. meski pemerintah udah ngeluarin larangan mudik akibat pandemi yang gak kelar-kelar.. gak ada salahnya kan bunda tetap menyediakan kue-kue kering seperti sebelumnya.. masak kalau tetangga yang dateng cuman dikasih air putih doang.. hehehe.. Biar bunda gak kerepotan, tim pricilla.id udah pilihin nih resep-resep simple, yang ajaibnya lagi dari satu adonan aja.. bisa jadi enam macam resep kue kering, yaitu:

  1. Resep Kue Nastar
  2. Resep Kue Salju
  3. Resep Kue Coklat Kacang
  4. Resep Kue Salju Milo
  5. Resep Kue Thumbprint

Yuk kita coba satu-satu….

Resep Kue Nastar

Bahan-bahan:

  • 1Kg tepung terigu
  • 150 gram tepung maizena
  • 3 sdm susu bubuk
  • 700 gram mentega
  • 250 gram gula halus
  • 5 butir kuning telur
  • 3 gram selai nanas

Cara Membuat:

  1. Masukkan margarin lalu masukkan gula halus disaring terlebih dahulu supaya tidak ‘bergerindil’, Setelah itu mixer dengan kecepatan paling rendah kurang lebih 1 menit dan masukkan 5 butir kuning telur mixer sampai tercampur rata.
  2. Kemudian masukkan susu bubuk, tepung maizena, 1 kg tepung terigu sedikit demi sedikit. Sisihkan di silikon meet, aduk lagi hingga rata kemudian masukkan kedalam wadah lalu tutup menggunakan plastik wraping. Cetak bulat-bulat dengan ukuran sendok takar 5 gram.
  3. Siapkan selai nanas yang sudah dibulatkan, Ambil satu persatu adonan lalu bentuk bulat sampai halus hingga adonan habis.
  4. Setelah semuanya dibentuk oleskan 2 butir kuning telor, tambahkan 1 sdm minyak goreng dan pewarna makanan warna kuning telur, aduk hingga rata, lalu oleskan 2 kali diatas adonan kue nastar. Setelah itu berikan toping keju parut diatas semua adonan tersebut.
  5. Setelah diberi toping, masukkan ke dalam oven kurang lebih selama 35 menit api sedang cenderung ke kecil, setelah 20 menit pindah posisi loyangnya yang di bawah menjadi di atas dan sebaliknya supaya matang merata. Lalu oven lagi selama 15 menit.
  6. Keluarkan dari oven dan kue nastar siap dinikmati.

Resep 2

Kue Salju

Bahan-bahan:

  • 50 gram tepung terigu
  • 100 gram gula halus
  • Gula donat secukupnya
  • 250 gram mentega (butter)
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 150 gram gula bubuk

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega dan gula halus dengan mixer hingga lembut.
  2. Matikan mixer, Tambahkan tepung terigu kemudian aduk rata dengan spatula.
  3. Bulatkan adonan, simpan di dalam kulkas selama setengah jam, kemudian bentuk bulan sabit.
  4. Susun putri salju di loyang yang sudah diolesi margarin atau dialasi kertas roti. Panggang putri salju di dalam oven kurang lebih 20 menit.
  5. Gulingkan putri salju ke gula bubuk biasa yang dicampur dengan vanili, Setelah terbalut rata gulingkan ke dalam gula donat.
  6. Kue Putri Salju siap dimakan.

Resep 3

Kue Coklat Kacang

Bahan-bahan:

  • 350 gram kacang tanah
  • 80 gram mentega
  • 250 gram coklat batangan
  • Trimit Secukupnyya
  • Paper cup kecil

Cara membuat:

  1. Sangrai kacang tanah sampai matang gunakan api kecil supaya tidak gosong setelah matang buang kulitnya
  2. Lelehkan coklat dan mentega dengan cara di tim, setelah coklat dan mentega meleleh lalu masukkan kacang tanah yang sudah diproses tadi, lalu diaduk sampai tercampur rata
  3. Siapkan paper cup kecil lalu isi dengan campuran coklat dan kacang, lalu taburi dengan trimit secukupnya lakukan hingga adonan habis
  4. Biarkan sampai mengeras, setelah mengeras bisa dimasukkan kedalam toples
  5. Kue Coklat Kacang sudah siap dinikmati

Resep 4

Kue Salju Milo

Bahan-bahan:

  • 250 gram blueband
  • 50 gram gula halus
  • 1/2 sdt pasta coklat
  • 220 gram tepung kunci biru
  • 50 gram milo bubuk

Cara membuat:

  1. Mixer blueband dan gula halus sebentar selama 30-60 detik. Tambahkan pasta coklat aduk rata
  2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, milo, susu bubuk, sambil diayak lalu aduk dengan sendok kayu sampai adonan mudah dibentuk.
  3. Bulatkan atau bentuk sesuai selera. Kemudian tata diatas loyang yang sudah diolesi margarine atau dialasi kertas roti. Lakukan sampai adonan habis. Panaskan oven selama 10 menit.
  4. Kemudian masukkan kedalam oven selama 40 menit dengan suhu 160 derajat celcius. Sesuaikan oven masing-masing, sambil dicek hingga kuning kecoklatan. Angkat dan gulingkan kedalam Milo bubuk.
  5. Kue Putri Salju Milo siap dinikmati.

Resep 5

Kue Thumbprint

Bahan-bahan:

  • 100 gram salted butter
  • 50 gram margarin
  • 120 gram gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 225 gram tepung terigu
  • 20 gram susu bubuk
  • 20 gram maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • Selai strawberry
  • 50 gram keju parut
  • 1 butir putih telur

Cara membuat:

  1. Campur butter, margarin, gula halus sampai pucat, lalu tambahkan kuning telur, kocok sampai merata. Matikan mixer
  2. Masukkan tepung terigu, maizena, susu bubuk, Aduk rata dengan spatula.
  3. Bulatkan adonan, celup putih telur, gulingkan ke keju parut
  4. Taruh diatas loyang, tekan bagian tengahnya dengan ujung jari sehingga berbentuk cekungan
  5. Panggang 160oc selama 15 menit lalu keluarkan dari oven
  6. Tunggu hangat, isi dengan selai stroberi di bagian cekungan cookies
  7. Panggang lagi 150oc hingga berubah warna keemasan renyah
  8. Kue Thumbprint siap dinikmati.

Resep 6

Kue Coklat Meses

Bahan-bahan:

  • 100 gram coklat batang (lelehkan)
  • 50 gram kacang mete (sangrai dan tumbuk kasar)
  • 6 keping biskuit Marie regal (haluskan)
  • 4 sendok makan margaine
  • 2 sendok makan susu kental manis
  • Meses coklat secukupnya

Cara membuat:

  1. Lelehkan coklat dan sisihkan pada wadah berukuran sedang
  2. Masukkan margarin dan juga susu kental manis ke dalam coklat yang telah dilelehkan terebut, kemudian aduk hingga merata
  3. Masukkan semua bahan kering yang pertama, masukan Marie Regal yang telah ditumbuk halus, aduk hingga merata
  4. Jika adonan sudah merata, maka selanjutnya masukkan kacang mete yang telah ditumbuk kasar, aduk terus hingga semua bahan tercampur sempurna
  5. Kemudian jika semua adonan kering telah masuk dan telah diaduk rata, bentuk adonan ini menjadi bulat-bulat hingga menyerupai bola
  6. Ambil sendok cetakan dan buat bola-bola kecil
  7. Jika sudah berbentuk bola-bola kecil, gulingkan bola-bola ke meises. Lakukan hingga semua permukaan bola-bola tertutup meises hingga adonan habis
  8. Kemudian masukkan bola-bola yang telah jadi ke dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit hingga mengeras. Kue Coklat Meises siap disajikan.

Demikian ya bunda.. 6 resep kue kering dengan 1 adonan.. selamat menikmati….

resep sedap ini diambil dari youtube channel CR COOK https://www.youtube.com/watch?v=jKiq7hgbC6I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *