Resep Menu Masakan Sehat

Resep Makanan Sehat

Assalamualaikum bundaa… Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga baik” saja yaa, gimanaa nii puasanyaa?? lancar kan pastinyaa.. Kita harus tetap semangat ya meski di bulan ramadhan ini di masa pandemi, Jangan sampai lupa ibadah yaa… semoga kita semua diberi kesehatan oleh Allah SWT, aamiin… Oh yaaa satu lagi bundaa… Kalau sholat aku saranin pakai mukena rayya dari Pricilla.id, Gak cuma buat bunda, tapi ada juga Mukena Sabina Alya buat adik-adik loh… Pasti nyaman banget dong dipakai…

Dengan kondisi seperti ini kita harus tetep menjaga kesehatan, pola makan, perbanyak makan buah dan sayur… Ingat.. jangan makan makanan yang tidak sehat… karena di saat puasa dan pandemi seperti sekarang, makanan sehat perlu untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar. Untuk itu, kali ini tim Pricilla.id membagi resep makanan yang sehat dan bergizi. kita cobain yuk…

Resep 1

Salad buah

Untuk yang pertama, kita bikin yang seger-seger yuk.. cocok buanget deh buat buka puasa… Bahan-bahannya mudah koq:

  • 1 Buah naga
  • 1 Buah kiwi
  • 1 Buah starwberry
  • 1 Buah anggur
  • Nata decoco secukupnya
  • 6 sdm mayones
  • 3 sdm yogurt
  • 2 sachet susu kental manis
  • Keju parut

Cara membuat:

  1. Bersihkan semua buah terlebih dahulu. Kemudian kupas semua kulit buah, lalu potong kecil-kecil dan sisihkan
  2. Siapkan mangkuk, buat saus salad dengan mencampurkan mayones, yoghurt, dan susu kental manis. Aduk-aduk menggunakan wishk. Jika merasa kurang manis bisa tambahkan susu kental manis sesuai selera
  3. Siapkan mangkuk saji, isi dengan nata decoco yang sudad dipisahkan dengan airnya. Masukkan potongan buah
  4. Tuang saus salad diatasnya, tambahkan keju parut cheddar sesuai selera. Salad buah siap dinikmati.

Resep 2

Sayur Bayam

Tadi uda bikin dessertnya (makanan penutup / pencuci mulut), sekarang kita bikin sayurnya ya.. yang ini juga sueger banget, Bahan-bahannya juga murah:

  • 2 ikat daun bayam segar
  • 2 buah wortel, kupas dan potong kecil-kecil
  • 1 buah jagung manis yang telah dicuci bersih dan dipipil
  • 2 siung bawang putih, memarkan, lalu iris tipis-tipis
  • 2 butir bawang merah, iris tipis-tipis
  • 1 buah tomat, potong-potong ukuran sedang
  • Air secukupnya
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan panci, kemudian tuang air secukupnya dan rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan bawang merah dan bawang putih yang telah diiris tipis-tipis. Masak bumbu hingga tercium aroma harum
  2. Masukkan jagung manis dan wortel ke dalam panci. Rebus hingga matang dan empuk
  3. Masukkan garam sambil diaduk-aduk. Kemudian masukkan daun bayam dan gula pasir. Aduk-aduk hingga tercampur rata
  4. Koreksi rasa. Jika dirasa kurang, tambahkan gula pasir atau garam.
  5. Jika sudah mendidih, masukkan tomat yang sudah dipotong-potong, aduk sebentar, kemudian angkat
  6. Sajikan sayur bayam di dalam mangkuk dan nikmati selagi hangat.

Resep 3

Sup Ayam

Kalau tadi murni sayuran, sekarang kita masak sayur plus daging ayam ya bunda.. biar tambah nikmat… Di resep ke-tiga ini kita masak sup ayam yaa… ini nih bahan-bahannya:

  • 400 gram daging ayam, cuci bersih
  • 3 batang daun bawang
  • 2 buah tomat
  • 2 buah kentang
  • 8 batang buncis
  • 2 batang wortel
  • 3 lembar daun kol
  • 3 batang daun seledri
  • 2 cm jahe geprek

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • Air secukupnya
  • Merica bubuk, garam, penyedap rasa secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Bawang goreng untuk taburan

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua bahan terlebih dahulu. Potong-potong sesuai selera
  2. Siapkan panci panaskan air sampai mendidih. Masukkan ayam dan rebus selama 3 menit. Setelah matang, angkat ayam dan buang airnya, lalu sisihkan
  3. Siapkan panci lagi, panaskan air sampai mendidih. Masukkan ayam dan rebus lagi hingga mendidih
  4. Masukkan 2 batang daun bawang, 2 batang seledri dan 2 cm jahe geprek
  5. Tumis semua bumbu halus dengan sedikit minyak. Setelah matang, masukkan ke dalam rebusan daging ayam
  6. Secara berturut-turut masukkan kentang, buncis, wortel, lalu rebus sampai matang
  7. Tambahkan merica bubuk, garam, penyedap rasa sambil diaduk-aduk. Koreksi rasanya
  8. KemudiaMasukkan irisan tomat, irisan kol. Setelah matang angkat dan sajikan.

Resep 4

Sup Rumput Laut

Kalau tadi uda masak sup ayam… yang ini pasti jarang banget bunda masak… bisa-bisa malah belum penah cobain.. Belum pernah kan masak sup rumput laut? ini nih bahan-bahannya:

  • 1 sdm pasta tauco jepang atau miso paste
  • 1 sdt kaldu ikan
  • 1 Bungkus tofu, potong dadu
  • 1 batang daun bawang, iris
  • Rumput laut kering
  • 600 ml air
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkuk, rendam rumput laut kering dengan air panas hingga lunak, setelah itu tiriskan dan sisihkan
  2. Siapkan mangkuk, larutkan tauco jepang dengan sedikit air panas
  3. Siapkan panci, rebus air hingga mendidih kemudian masukkan tauco jepang. Aduk-aduk hingga larut
  4. Tambahkan kaldu ikan, aduk hingga merata sambil koreksi rasanya. Tambahkan garam bila perlu
  5. Masukkan tofu dan rumput laut, aduk perlahan supaya tidak hancur
  6. Tuang sup ke dalam mangkuk. Beri irisan daun bawang, Lalu sajikan selagi hangat.

Resep 5 

Capcay

Resep terakhir.. capcay… biasanya banyak tuh yang jual keliling pakai gerobak bareng nasi goreng sama bakmi. Begini cara bikinnya… siapin bahan-bahannya ya…

  • 1 buah kol putih
  • 2 batang wortel yang sudah diiris
  • 4 buah jagung kecil yang sudah dipotong
  • buncis secukupnya, diiris
  • Udang secukupnya
  • Garam dan merica secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • 3 siun bawang merah
  • Minyak secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih hingga harum
  2. Masukkan daging ayam tumis hingga berubah warna (usahakan ayam ditumis hingga matang)
  3. Kemudian masukkan udang tumis sampai benar-benar matang
  4. Tambahkan saos tiram, kaldu bubuk, garam dan merica
  5. Masukkan sayuran satu persatu dimulai dari wortel, jagung muda, sawi hijau dan putih, buncis, tumis hingga 1/2 matang. Bunga kol dimasukkan terakhir karena bunga kol lebih baik jika waktu masaknya sedikit, supaya tidak mengurangi kandungan vitamin di dalamnya
  6. Masukkan air hingga mendidih, hal ini dilakukan supaya sayur benar-benar matang
  7. Setelah matang masukan capjay kedalam mangkuk
  8. Capjay siap Disajikan.

alhamdulillah.. uda dimasak semua ya resepnya… kapan-kapan kita bahas resep-resep yang lain ya… yang pastinya lebih sedap…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *